PTSP - Kanwil Kemenag Prov. Jawa Timur

Profile PTSP Jatim

Dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, sebagai upaya memberikan pelayanan yang berkualitas kepada publik dan penyelenggaraan birokrasi yang bersih dan melayani, sebagaiamana tertuang dalam Peraturan Menteri Agama Nomor 65 Tahun 2016 tentang Pelayanan Terpadu pada Kementerian Agama adalah kegiatan atau rangkaian kegiatan dalam rangka pemenuhan kebutuhan pelayanan di Kementerian Agama sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan bagi setiap warga negara dan penduduk atas barang, jasa, dan atau pelayanan administratif yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan yang saat ini dicitrakan sebagai pelayanan yang berbelit-belit, sulit diakses, memiliki prosedur yang rumit serta tidak adanya kepastian waktu dan keterbukaan biaya pelayanan yang dibutuhkan. Perlayanan terpadu adalah pemberian pelayanan terhadap satu atau beberapa jenis pelayanan yang diselenggarakan secara terintegrasi dalam satu tempat dan dikontrol oleh sistem pengendali manajemen. Dengan pengelolaan data digital, layanan publik akan lebih mudah diverifikasi, diolah sesuai peruntukannya, dan lebih minim risiko. PTSP juga merupakan upaya transformasi pelayanan publik guna mewujudkan Kementerian Agama sebagai instansi yang bersih dan melayani. Adapun layanan PTSP pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur dikelola dengan visi melayani masyarakat dengan cerdas, cepat, dan tepat yang diaplikasikan dengan proses layanan simpatik, akuntabel, nyaman, tuntas, utuh serta no pungli (bebas pungutan liar).
a. Mempermudah dan memperluas akses informasi dan layanan publik.
b. Mewujudkan pelayanan yang prima dan transparan.
c. Meningkatkan performance Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.
d. Meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.
a. Penguatan kelembagaan melalui penerapan PTSP.
b. Mewujudkan pelayanan yang efektif, efisien, dan akuntabel.
c. Menyederhanakan prosedur layanan pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.
d. Meningkatkan citra positif Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.
1. Pengarah
Adalah pejabat Eselon II dan III pada Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang bertanggung jawab terhadap arah kebijakan yang ada pada PTSP;
2. Penanggung Jawab
Adalah Tim yang terdiri dari pejabat eselon IV pada Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur yang bertanggung jawab terhadap kebijakan teknis yang ada pada PTSP dengan komposisi Kasubbag Umum sebagai Koordinator Tim;
3. Supervisor
Adalah personil yang mengkoordinasikan pelaksanaan teknis layanan di PTSP dan bertanggung jawab kepada Koordinator Tim Penanggung Jawab PTSP;
4. Petugas Front Office
Adalah personil yang bertugas menerima berkas dari pemohon, menginput data pemohon dalam sistem, melakukan pemeriksaan kelengkapan berkas awal dan memberikan jawaban kepada pemohon atas bisa/tidaknya berkas diproses. Termasuk di dalam petugas Front Office adalah Petugas FO Persuratan, Petugas FO Layanan serta Petugas FO Dokumen;
5. Petugas Back Office (BO)
Adalah personil yang bertugas meneliti berkas yang diterima dari Petugas Front Office dan melakukan eksekusi terhadap berkas sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.
6. Petugas Informasi
Adalah personil yang bertugas memberikan informasi terkait layanan PTSP, memandu pengisian formulir permohonan, mengarahkan pemohon sesuai tujuannya.
7. Petugas Caraka
Adalah personil yang bertugas melaksanakan pengiriman surat/dokumen ke alamat yang dituju, baik secara langsung maupun melalui Pos dan Giro atau perusahaan jasa pengiriman lainnya sesuai prosedur dan ketentuan yang berlaku agar surat/dokumen sampai ke tujuan dengan cepat dan tepat.
8. Pranata Komputer
Adalah personil yang bertugas melakukan maintenance sistem baik Software maupun Hardware.
9. Pengadministrasi
Adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggung jawab, wewenang, dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan kegiatan administrasi dan kearsipan. Pengadministrasi ini termasuk dalam katagori BO tetapi tugasnya khusus terkait persuratan.
10. Reception
Adalah personil yang bertugas menerima dan mengarahkan tamu untuk mendapatkan layanan PTSP atau non PTSP.

Team PTSP

Supervisor

Front Office

Back Office

Petugas Informasi

Caraka

Pranata Komputer

Pengadministrasi

Reception

Persyaratan PTSP

Proses Administrasi layanan yang diberikan oleh PTSP dapat dijalankan apabila seluruh persyaratan administrasi berdasarkan dasar hokum dari Unit Kerja teknis terkait untuk masing-masing jenis layanan dinyatakan lengkap dan sesuai berdasarkan pengecekan Petugas.

Maklumat Layanan

Kami seluruh ASN Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur menyatakan :

Siap melayani dengan “SANTUN” (Simpatik, Akuntabel, Nyaman, Tuntas, Utuh & No Pungli)
Bertekad memberikan pelayanan dengan Cerdas, Cepat dan Tepat
Berorientasi pada kepuasan pengguna layanan
Berpegang teguh pada prosedur dan aturan perundang-undangan
Menjunjung tinggi nilai-nilai Agama dan Norma kesopanan
Apabila tidak melaksanakan maklumat layanan, siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.